Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Tempe Dan Bagaimana Sejarah Tempe ?

Apa Itu Tempe Dan Bagaimana Sejarah Tempe ? 

Baru-baru ini saya penasaran tentang makanan favorit di Indonesia yaitu Tempe, makanan ini cukup popular dan dikonsumsi hamper setiap hari, karena memang Tempe memiliki khasiat yang sangat banyak.

Dengan berbagai keunikan Tempe, saya iseng nih cari tau bagaimana sejarah tempe dan apa sih sebenarnya Tempe ? Penasaran kan, Sama …. Saya Juga. 

Apa itu Tempe ? 

Menurut yang saya baca di Wikipedia Tempe adalah makanan orang Jawa yang terbuat dari fermentasi terhadap biji kedelai atau beberapa bahan lain yang menggunakan beberapa jenis kapang Rhizopus, seperti Rhizopus oligosporus, Rh. oryzae, Rh. stolonifer (kapang roti), atau Rh. arrhizus. Sediaan fermentasi ini secara umum dikenal sebagai "ragi tempe".

Bagaimana Sejarah Tempe ? 
MENELUSURI sejarah tempe tak bisa lepas dari bahan bakunya, kedelai. Menurut pakar tempe dari Universitas Gajah Mada, Mary Astuti dalam Bunga Rampai Tempe Indonesia, kata kedelai yang ditulis kadele dalam bahasa Jawa ditemukan dalam Serat Sri Tanjung (abad ke-12 atau 13). Selain dalam serat legenda kota Banyuwangi itu, kata kedelai juga dijumpai dalam Serat Centhini, yang ditulis oleh juru tulis keraton Surakarta, R Ng Ronggo Sutrasno pada 1814.

Pada jilid kedua Serat Centhini digambarkan perjalanan Cebolang dari Purbalingga menuju Mataram, kemudian singgah di rumah Ki Amongtrustha, yang menjamu makan malam dengan lauk bubuk dhele. Di Mataram, Cebolang diberitahu bahwa sesaji dalam kacar-kucur, yakni upacara persiapan menikahkan anak, terdapat kacang kawak (lama) dan kedelai kawak, beras kuning, bunga, dan uang logam.

Menurut naturalis Jerman, Rumphius, tanaman kedelai (de cadelie plant) dalam bahasa latin disebut phaseolus niger, kadele (Jawa), zwartee boontjes (Belanda), dan authau (Tiongkok). Hasil amatan Rumphius, orang Tionghoa tidak mengolah kedelai menjadi tempe. Tapi, mengolah biji kedelai hitam tersebut menjadi tepung, sebagai bahan tahu, dan laxa atau tautsjian, mie berbentuk pipih. Karena kacang dalam bahasa Tiongkok disebut duo (tao)/to, produk olahannya dinamai dengan awalan tau: tauchu (taoco), tau-hu (tahu), touya (toge), touzi (tauci), dan lain-lain.

Menurut Ong, dalam Encyclopaedia van Nederlandsch Indie (1922), tempe disebut sebagai “kue” yang terbuat dari kacang kedelai melalui proses peragian dan merupakan makanan kerakyatan (volk′s voedsel).

Disebut makanan kerakyatan, kata Maryoto, karena tempe diciptakan oleh rakyat, bukan istana. “Karena itu, muncul istilah ‘bangsa tempe’, sebagai bentuk stigmatisasi dari kalangan priyayi,” ujar Maryoto. “Sekarang tempe tidak lagi sebagai makanan rakyat,” Maryoto menambahkan. “Pamor tempe semakin terangkat ketika gairah kuliner meningkat, sehingga tempe manjadi makanan kita semua.”

Selengkapnya silahkan ke : https://historia.id/kultur/articles/sejarah-tempe-vX7XD/page/1

Kemudian kita akan bahas bagaimana manfaat tempe ini bagi kesehatan ? Ternyata ada banyak sekali manfaat tempe untuk kesehatan kita, karena Tempe memiliki banyak sekali kandungan gizi dan nutrisi di dalamnya.

Apa saja Manfaat dab Kandungan Nutrisi,gizi di dalam Tempe ? 


Manfaat Tempe bagi kesehatan : 
  1. Sumber protein yang lebih kaya dibanding daging
  2. Sumber kalsium yang setara dengan susu sapi
  3. Satu-satunya sumber vitamin B12 dari nabati
  4. Sebagai antioksidan
  5. Sehat untuk bayi dan Anda yang sedang diet
Kandungan gizi dalam 100 gram tempe:
  1. Air : 55,3 gram
  2. Energi : 201 kal
  3. Protein : 20,8 gram
  4. Lemak : 8,8 gram
  5. Karbohidrat : 13,5 gram
  6. Serat : 1,4 gram
  7. Kalsium : 155 mg
  8. Fosfor : 326 mg
  9. Besi : 4,0 mg
  10. Natrium : 9 mg
  11. Kalium : 234,0 mg
  12. Tembaga : 0,57 mg
  13. Seng : 1,7 mg
  14. Thiamin : 0,19 mg
  15. Riboflavin : 0,59 mg
  16. Niasin : 4,9 mg

Nah gimana udah percaya kan kalau tempe itu memang memiliki banyak sekali manfaat, yah jadi ga masalah kalau kita makan tempe setiap hari, selain murah dan mudah didapat dan mengandung banyak manfaat bagi kesehatan, makanan yang satu ini bisa di olah menjadi apa aja,  Keren sih Tempe.

Oke mungkin itu saja pembahasan kita kali ini terimakasih telah berkunjung , jangan lupa mampir lagi yak. 


Posting Komentar untuk "Apa Itu Tempe Dan Bagaimana Sejarah Tempe ? "